Minggu, 22 Maret 2015

Aksi Penanaman Pohon PadaPeringatan Hari Air Dunia

Media Pembaharuan Jakarta,- Peringatan Hari Air Dunia setiap tanggal 22 Maret merupakan kepedulian terhadap pentingnya air bagi kehidupan dan ajakan untuk mengelola keberlanjutan sumber daya air. Aksi menanam pohon yang menjadi bagian dari kegiatan memperingati Hari Air Dunia ke-23 ini merupakan gerakan yang dilakukan secara serentak di beberapa balai-balai Kementerian PUPR yang tersebar di sebagaian besar kota di Indonesia.
Demikian disampaikan Menteri PUPR Basuki Hadimulyono dalam kegiatan Penanaman Pohon dalam rangka memperingati Hari Air Dunia ke-23 dan HUT Himpunan Ahli Teknik Hidraulik Indonesia (HATHI) ke-34, Minggu (22/3) di Polder 2 Tanah Kusir Jakarta.
Gerakan penanaman pohon telah dimulai sejak tahun 2010 ini dan membuktikan upaya nyata membangun kesadaran masyarakat yang tidak hanya menanam pohon, tetapi juga memelihara pohon yang ditanam. Penanaman pohon juga akan meningkatkan luasan dan kualitas ruang terbuka hijau.

Undang-Undang Nomor 26 Tahun 2007 tentang Penataan Ruang mengatur bahwa dalam rencana tata ruang wilayah ditetapkan kawasan hutan paling sedikit 30% dari luas daerah aliran sungai. Penetapan itu untuk menjaga keseimbangan tata air, termasuk mengurangi debit banjir. Penanaman pohon di kolam retensi (polder) akan menjadikan polder tidak hanya sebagai infrastruktur fisik semata, melainkan juga menjadi tempat wisata dan pengembangan ekonomi masyarakat yang ramah lingkungan. Kegiatan penanaman pohon dapat dijadikan sebagai momentum strategis dalam upaya untuk mengantisipasi dampak perubahan iklim global, degradasi dan deforestasi hutan dan lahan, serta sebagai bagian dari upaya konservasi sumber daya air.

‘’Kementerian Pekerjaan Umum dan Perumahan Rakyat, setiap tahunnya telah berpartisipasi aktif menambah jumlah pohon di Indonesia. Kegiatan tersebut dilakukan melalui berbagai kegiatan aksi menanam pohon di berbagai proyek infrastruktur Bidang PUPR di seluruh Indonesia, seperti di bantaran sungai, waduk, di pinggir jalan baik itu jalan arteri maupun jalan tol”, tutur Basuki.

Di akhir arahannya, Basuk berharap partisipasi aktif dari seluruh pihak untuk bersama-sama melakukan penanaman pohon dan menjaga kelestarian lingkungan masing-masing.(arg/ind)

Tidak ada komentar:

Posting Komentar