Senin, 08 Desember 2014

Akan Terima Dana Rp 1,4 Milyar Untuk Kepala Desa diMaros

Media Pembaharuan Maros,- Setiap Kepala Desa akan menerima dana desa senilai Rp 1,4 miliar. Menurut Menteri Desa Pembangunan Daerah Tertinggal dan Transmigrasi, Marwan Jafar, dana desa tersebut akan diberikan untuk tiap desa dan diperkirakan cair mulai April tahun depan, tentu saja termasuk Kades di Maros.
Uang
Photo Ilustrasi dapatkan Uang
Pihaknya meminta aparatur desa menyiapkan Rencana Pembangunan Jangka Menengah Desa (RPJMD). Serta memanfaatkan dana itu secara optimal.
Dirinya berharap dana desa itu digunakan sebaik-baiknya untuk kesejahteraan rakyat. Masyarakat, harus bisa mengelolanya untuk kepentingan bersama dan menjadikan desa lebih maju dan lebih mandiri lagi.
“Jangan diselewengkan karena ini untuk hajat hidup orang banyak,” ujarnya, Jumat (5/12/2014) lalu melalui mengutip Kompas.com.
Kesiapan desa akan mempengaruhi pelaksanaan pembangunan dan pemberdayaan desa. Pemerintah juga akan menyiapkan tenaga pendamping desa untuk mengawal dan membantu implementasi dana desa.
Karena itu ia mengajak kepala desa agar secara kreatif menciptakan “pemikat” di daerahnya. Dengan demikian, cara ini diharapkan bisa mengurangi arus urbanisasi dan mampu menciptakan kemandirian yang dimulai dari desa.
Selain itu, tahun depan 5000 desa akan difasilitasi jaringan dan perangkat desa online. Karenanya, kepala desa diharapkan belajar komputer agar bisa berkomunikasi secara online. (ABS).

Tidak ada komentar:

Posting Komentar