Selasa, 16 Desember 2014

Dinas Koperasi dan UKM Sulsel menganggarkan sekitar Rp 400 juta untuk pengadaan enam mesin packaging atau pengemasan

Media Pembaharuan Makassar,- Dinas Koperasi dan UKM Sulsel menganggarkan sekitar Rp 400 juta untuk pengadaan enam mesin packaging atau pengemasan di tahun 2015.
Mesin pengemasan tersebut dihadirkan untuk membantu sektor pemasaran UMKM yang ada di Sulsel.
Mesin itu bakal dipusatkan di PLUT KUMKM Sulsel, Celebes Convention Center, Jl Metro Tanjung Bunga.
Sulsel Anggarkan Rp 400 juta Untuk Sentra Packaging UKM
A M Yamin, Kepala Dinas Koperasi dan UMKM Sulsel
"UMKM yang terkendala di pengemasan dapat menggunakan mesin secara bersama nantinya," kata Kepala Dinas Koperasi dan UKM Sulsel, AM Yamin, Selasa (16/12/2014). Sentralisasi pengemasan dilakukan untuk meratakan penggunaan para pelaku usaha di Sulsel.
"Sudah disetujui Komisi B (DPRD Sulsel). Tahun depan kita sudah mulai," imbuhnya. Dengan adanya mesin pengemasan itu, pelaku usaha dibebankan biaya bahan dasar pembuatan kemasan.
"Kita akan coba mulai dari kardus hingga kemasan plastik," terang Yamin yang ditemui di Ruang Pola Kantor Gubernur Sulse, Jl Urip Sumiharjo.
Ia menjelaskan, pengadaan barang tersebut merupakan solusi dari keluhan sejumlah pelaku usaha kelas UMKM. Mereka menganggap daya saing produk tidak bisa berkembang lantaran kemasan kurang menarik.
Jika bantuan yang diberikan berjalan dengan lancar, Yamin tak memungkiri adanya penambahan unit mesin.
"Tidak menutup kemungkinan akan bertambah. Kita hanya bisa memfasilitasi pelaku usaha dengan mesin pengemasan.
Ketua Asosiasi Pengusaha Industri Makanan dan Minuman Indonesia (Asprindo) Sulsel, Muhammad Asaf, beberapa waktu lalu mengatakan, hingga saat ini kendala yang dihadapi pelaku UMKM masih seputar kemasan.
"Sampai saat ini, kemasan kita masih dari pulau Jawa. Kendala yang dihadapi pengusaha minuman dan makanan menjadi kompleks untuk distribusi kemasannya," kata dia.(ABS).

Tidak ada komentar:

Posting Komentar