Selasa, 16 Desember 2014

Penyerahan Daftar Isian Pelaksanaan Anggaran (DIPA) Tahun 2015

Media Pembaharuan Makassar,- Gubernur Sulawesi Selatan, DR. H. Syahrul Yasin Limpo, SH.,M.Si,.M.H menyerahkan Daftar Isian Pelaksanaan Anggaran (DIPA) Tahun 2015, di Ruang Pola Kantor Gubernur, Selasa, 16 Desember 2014. Hadir dalam penyerahan DIPA, Ketua/Wakil Ketua dan para Ketua Komisi DPRD Prov Sulsel, Forum Koordinasi Pimpinan Daerah, Wakil Gubernur Sulsel, H. Agus Arifin Nu’mang, para Bupati/Walikota se-Sulsel, para Kepala Kantor Instansi Vertikal, Kementerian/Lembaga dan para Kepala SKPD Lingkup Pemprov Sulsel.
H. Syahrul Yasin Limpo dalam sambutannya mengatakan, penyerahan  DIPA kali ini merupakan awal dari periode pembangunan jangka menengah 2015-2019 yang juga merupakan Periode Awal Pemerintahan Bapak Presiden Republik Indonesia, Ir. Joko Widodo. Pada tahun 2014 ini APBN yang dialokasikan di daerah kita ini mengalami peningkatan dari Rp 37,4 triliun lebih menjadi  Rp 39,9 triliun lebih atau meningkat sebesar 6,78 persen.
“Diantara jenis anggaran tersebut yang mengalami peningkatan terbesar adalah Dana Bagi Hasil Sumber Daya Alam (DBH SDA) yakni sebesar 65,52 persen. Pagu yang besar tersebut perlu dikelola dengan baik sehingga kinerja pemerintah daerah dapat meningkat serta memberikan kemanfaatan yang besar bagi penguatan Pemerintah Daerah dan peningkatan kesejahteraan masyarakat dalam mendukung kebijakan pembangunan berkelanjutan,” lanjut Syahrul.
Pelaksanaan kegiatan yang telah kita capai hingga saat ini, patut kita syukuri mengingat pada tahun 2014 ekonomi Sulsel dapat tumbuh sebesar 8,23 persen yang berarti masih lebih tinggi dari pertumbuhan ekonomi nasional sebesar 5,01 persen. “Pertumbuhan ekonomi yang terus membaik tersebut merupakan dampak dari penurunan tingkat pengangguran yang mencapai 5,10 persen atau 188,7 ribu, kemiskinan 10,28 persen atau 864,3 ribu orang, dengan tingkat inflasi 6,54 persen serta peningkatan pendapatan perkapita masyarakat yang hingga tahun 2013 mencapai Rp 22,15 juta lebih,”terangnya.
Menurutnya, melalui  Pengembangan Kawasan Strategis Tahun 2015 sesuai dengan tema pembangunan tersebut, maka aktivitas pembangunan di Sulsel kita prioritaskan pada pengembangan kerjasama daerah dan daya saing daerah, pengembangan ekonomi kerakyatan, pengembangan pendidikan, kepemudaan, keolahragaan dan kebudayaan pembangunan kesehatan, peningkatan kapasitas infrastruktur wilayah, pengembangan kawasan strategis, pengelolaan sumber daya air dan peningkatan kapasitas infrastruktur irigasi, reformasi  birokrasi dan penguatan kapasitas kelembagaan.
 “Kendala administratif, procedural, birokrasi dan sebagainya tidak lagi menjadi penghambat dalam pelaksanaan anggaran 2015 ini sehingga program-program pemerintah dapat berjalan dengan segera dan rakyat dapat merasakan manfaatnya tanpa menunggu terlalu lama, dan kesemuanya dapat dicapai apabila ada koordinasi dari seluruh pemangku kepentingan untuk saling mendukung dalam proses pelaksanaan setiap program,”harap Syahrul.
Syahrul mengajak para Kuasa Pengguna Anggaran dan siapapun yang berhubungan dengan keuangan Negara agar dapat menjaga amanah dalam mengelolanya dengan lebih terjadwal, cepat, cermat dan lebih akurat namun tetap dapat mempertanggungjawabkan hasilnya.(ABS)
Sumber Berita: www.sulselprov.go.id

Tidak ada komentar:

Posting Komentar